Kapan Nikah?

Hi Apa kabar? Masih gitu-gitu aja?

Gue lagi di tahap, yang enak ngabisin waktu di rumah, main game, sendirian, mager. Tapi, ketika gue selangkah keluar dari kamar ternyata hidup ga seindah itu bro. Punya banyak temen yang punya berbagai macam masalah, mulai dari ekonomi, tekanan nikah dari keluarga, belum lagi yang baru ngerasa temennya ilang satu per satu. Padahal dulu, kalo mau kemang aja kudu ramean kayak orang mau ambil rapot. njir.

Kita mulai satu-satu ya, akhir akhir ini gue sering ngeliat kasus atau bentuk masalah yang mungkin di circle gue lagi hype banget yaitu ditanya sama orang "kapan nikah?" pertanyaan paling seram yang pernah ada. Mungkin sampe ada di antara lu yang pada akhirnya minder untuk kumpul reunian sama temen sekolah, males ikut kumpul keluarga karena balik lagi lu males denger pertanyaan "Kapan Nikah?". Budaya orang Indonesia emang seseorang gaakan di bebaskan kegika mereka belum menikah, meskipun mereka udah punya kerjaan yang bagus, uang yang cukup tapi tetep lu gabisa se bebas itu ketika lu belum menikah.

Padahal kalo dipikir lebih simpel, kenapa orang selalu senang untuk ngurusin hidup orang lain ya? mau nikah gamau nikah, itu kan pilihan orang, ya mungkin yang di atas belum kasih jalan-Nya dan mungkin aja lu hanya tertekan padahal lu belum siap untuk jalanin itu. Mau lu paksa, mau lu buka tutup tinder sampe meledak, ya tetep aja kalo bukan waktunya lu juga belum nikah. brooow.
Terus hal paling buruk lagi ketika satu persatu temen main lu "sold out" makin mampus ga lu? tapi sebenernya cara paling gampang tapi cekit cekit ya belaga bodo amat aja sama omongan orang, gampang emang ngomong mah, tapi lu emang harus punya cara untuk bodo amat, bukan ga sopan ya, tapi emang bodo amat. Toh jodoh, rejeki, maut udah punya Allah. trus w kudu piyee??
Damai dengan hidup itu salah satu healing untuk tekanan kita yang tinggal di Indonesia, kalo belum punya pacar ditanya kapan punya pacar, udah pacaran ditanya kapan nikah, udah nikah, di tanya kapan punya anak, udah punya anak di tanya kapan nambah lagi?, terus begitu sampe anak lu ngalah2in gen Halilintar.

Cape woy, kenapa si ga santai aja emang kalo orang belum nikah2 dia sehina itu? emang kalo ada yang nikah muda dia hebat banget? nggak juga kan? jadi stop untuk push seseorang melakukan hal yang belum tentu dia nyaman. Itu semua kan pilihan, yang namanya pilihan ya harus di pilih kan? dan kalau kita pilih A bukan berarti B salah kan? dan sebaliknya?
Lu ga kecemplung got ( kotor) kok kalau status lu masih single, lu bisa lebih love yourself kan? cari tempat dan kegiatan yang buat diri lu nyaman yang penting ga menyakiti orang lain. itu namanya damai.

Kalo 2020 masih ada yang nanya "Kapan Nikah?" lu tiba-tiba jadi patung aja, diem ga bergerak di depan orang yang nanya dengan muka datar. Gue yakin banget itu orang yang nanya akan kabur dan males nanya lu lagi soal itu. Silahkan coba di rumah :)

Komentar

Postingan Populer